Tulisan ke sembilan
bersaing dalam bidang ekonomi
seyogianya sebuah perusahaan atau produsen harus memiliki sebuah strategi
pemasaran hal ini sangat penting sehingga perusahaan tersebut dapat mencapai
tujuan yang di inginkan dan untuk membangun sebuah usaha sudah menjadi
pemahaman umum bahwa faktor pemasaran salah satu faktor kunci
keberhasilan.Kesuksesan dalam pemasaran juga tidak datang dengan sendirinya,
tetapi perlu suatu upaya yang gigih dan perlu dilakukan pengembangan agar
mendapatkan hasil yang maksimal.
Pemasaran merupakan Kegiatan untuk
menjalankan bisnis (profi tatau non-profit) guna memenuhi kebutuhan pasar
dengan barang /jasa, menetapkan harga,mendistribusikan, serta mempromosikannya
melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan
perusahaan. Salah satu cara yang ampun untuk mencapai keberhasilan dan strategi
pemasaran perusahaan saat ini adalah promosi. Dengan promosi, sebuah perusahaan
atau individu dapat mengembangkan dan mempertahankan usahanya. Suatu produk
tidak akan di beli jika konsumen tidak mengetahui kegunaan, keunggulan, harga,
dan dimana membelinya. Pada saat seperti inilah dibutuhkan promosi.
Selain itu, sebuah perusahaan harus
menentukan segmentasi pasar dimana perusahaan harus menilai secara kreatif
dalam penentuan sasaran yang di nilai prospektif dalam strategi pemasaran.
Penentuan segmentasi pasar dilakukan dengan cara memecah beberapa konsumen yang
prospek menjadi bagian kecil, yaitu terdiri atas :
v Berdasarkan karakter psikografi
Tentunya
akan sangat berbeda gaya hidup antara masyarakat kota dan pedesaan sehingga itu
merupakan salah satu faktor penentuan segmentasi pasar berdasarkan gaya hidup.
Hal ini dapat dijadikan sebagai peluang bisnis karena segala penampilan dan
gaya hidup merupakan suatu hal yang terkait dengan komoditas karena keberadaan
karakter tersebut tersebut akan dipelihara terus oleh masyarakat.
v Bedasrkan karakter demografi
Penentuan
pasar akan dipengaruhi kebiasaan pada umur-umur tertentu dalam mengonsumsi
suatu produk. Faktor kisaran umur sangatlah penting dalam menentukan konsumen
yang menjadi sasaran pemasaran walaupun semua memiliki peluang kesuksesan yang
sama. Dengan begitu karakter demografi menentukan pasar dengan mengacu produk
dan umur.
v Berdasarkan Karakter Geografi
Ketika
perusahaan ingin mencoba memasarkan produknya ke wilayah daerah maka konsep
pesanan harus sesuai dengan kekhasan daerah tersebut, sehingga faktor letak
suatu daerah menjadi bahan pertimbangan ketika menyusun strategi konsep
pemasaran.
v Berdasarkan Karakter Variabel
Penggunaan Produk
Penentuannya
berdasarkan dominan yang sedang marak di masyarakat dimana perusahaan harus melihat
suatu tren yang sedang booming, misalnya teknologi handphone yang merupakan
kebutuhan penting bagi sebagian besar masyarakat, terutama dikota-kota besar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar